Logistik pihak ketiga sudah ada sejak sekitar ratusan tahun yang lalu ketika bisnis perlu memperluas kebutuhan logistik mereka ke perusahaan eksternal. Pertumbuhan bisnis fisik dan online telah menimbulkan banyak pertanyaan mengenai perusahaan-perusahaan tersebut. “Apa yang dilakukan perusahaan logistik pihak ketiga?” harus menjadi pertanyaan online yang paling sering ditanyakan.
Perusahaan logistik pihak ketiga adalah penyelamat bagi banyak bisnis, terutama yang menangani pengiriman dan armada dalam jumlah besar. Mulai dari penghematan biaya hingga kepuasan pelanggan, profitabilitas, akses terhadap keahlian dan pengalaman, serta mitigasi risiko, Anda tidak dapat memanfaatkan manfaatnya. Anda bisa mendapatkannya untuk bisnis Anda setelah mempelajari apa yang dilakukan para profesional ini.
Blog ini akan menawarkan jawaban rinci untuk pertanyaan di bawah ini.
Memahami Logistik Pihak Ketiga
Langkah pertama untuk memahami apa yang dilakukan logistik pihak ketiga adalah memahami apa itu logistik dan cara kerjanya. Perusahaan logistik pihak ketiga yang disingkat 3PL menawarkan jasa logistik kepada perusahaan lain.
Bisnis dapat memilih satu atau beberapa perusahaan 3PL untuk kebutuhan mereka, sehingga memberikan mereka cukup waktu untuk berkonsentrasi pada departemen lain. Di bawah ini adalah rincian layanan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan ini.
Konsolidasi
Konsolidasi oleh perusahaan logistik pihak ketiga mengacu pada saat penyedia layanan mengintegrasikan produk kecil untuk dikirim sebagai satu paket. Hal ini sering terjadi ketika perusahaan atau vendor memesan berbagai produk untuk diantar ke lokasi yang tepat.
Daripada membayar biaya pengiriman untuk setiap barang atau pesanan, perusahaan logistik mengkonsolidasikan produk untuk menghemat biaya. Ini juga disebut sebagai konsolidasi pengangkutan atau kargo.
Pemenuhan pesanan
Peran penting lainnya dari perusahaan 3PL adalah pemenuhan pesanan, yang melibatkan penerimaan, penyimpanan, pemrosesan, pengambilan, pengepakan, dan pengiriman.
Pemenuhan pesanan sangat penting dan hanya boleh dilakukan oleh ahlinya untuk menghindari kesalahan yang tidak memuaskan pelanggan. Logistik pihak ketiga melakukan proses dengan cepat dan lancar, memastikan cakupan pengiriman yang luas.
Distribusi
Perusahaan 3PL bertanggung jawab untuk mendistribusikan bahan baku dan cocok ke berbagai tujuan atas nama perusahaan. Saat sebuah bisnis menerima pesanan, perusahaan logistik pihak ketiga mengambil barang atas namanya dan merencanakan pengiriman ke setiap pelanggan.
Beberapa bisnis memberikan 3PL mereka akses langsung ke sistem untuk mengakses informasi pelanggan dan memperbarui distribusi secara konsisten. 3PL juga membantu bisnis menentukan biaya pengiriman atau distribusi paling luar biasa yang selaras dengan tren pasar.
Angkutan
Banyak yang bingung antara distribusi dan transportasi dengan layanan logistik pihak ketiga. Transportasi, sebagai peran perusahaan 3PL, lebih dari sekadar pengiriman produk hingga manajemen armada umum. Perusahaan-perusahaan ini mengatur konsolidasi dan dekonsolidasi barang.
Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan kendaraan armada tetap dalam kondisi baik selama operasinya untuk memastikan pengiriman tepat waktu dan barang dikirim dalam kondisi baik. Beberapa bisnis menyewa 3PL untuk mendokumentasikan dan melaporkan rincian transportasi, terutama yang tidak memiliki departemen sub-logistik.
Gudang
Tidak masuk akal membicarakan logistik pihak ketiga tanpa menyebut pergudangan sebagai salah satu tanggung jawab utamanya. Perusahaan-perusahaan ini menawarkan layanan penyimpanan kepada klien mereka, menjaga produk dalam kondisi baik saat mereka menunggu pesanan dan pengiriman. Mereka juga memastikan produk tetap aman dari pencurian dengan memasang sistem kunci yang kuat dan mempekerjakan penjaga keamanan atas nama Anda.
Banyak perusahaan 3PL menawarkan penyimpanan yang berbeda, dari yang khusus hingga yang umum, sehingga bisnis dapat memilih penyimpanan yang mereka sukai. Berkat teknologi yang berkembang, bisnis telah mengintegrasikan sistem mereka dengan sistem perusahaan 3PL untuk memastikan pesanan diterima dari kedua pihak. Langkah ini menghilangkan kebutuhan akan pengingat dan penundaan yang tiada henti.
Kesehatan finansial
Bagaimana Anda bisa memilih 3PL yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut adalah beberapa pertimbangan ketika memilih penyedia layanan 3PL untuk bisnis Anda.
Pertama, Anda harus mempertimbangkan kesehatan finansial 3PL pilihan Anda, memastikannya dapat memenuhi layanan yang disebutkan dan kemungkinan tak terduga lainnya. Penasihat keuangan atau pakar logistik dapat membantu Anda menentukan faktor ini.
Kompetensi
Perusahaan logistik pihak ketiga yang kompeten berupaya menjaga hubungan klien yang sehat, memeriksanya secara berkala (memperbarui), dan mencari referensi. Anda dapat mengevaluasi kompetensi mereka dengan mengamati ulasan dan penilaian klien mereka.
Ruang untuk pertumbuhan
3PL yang baik harus menawarkan pertumbuhan bagi dirinya sendiri dan bisnis klien. Perusahaan harus mampu mengerjakan perkembangan masa depan dan memastikan kebutuhan bisnis terpenuhi bahkan sepuluh tahun dari sekarang.
Kustomisasi
Karena perusahaan 3PL menangani banyak bisnis sekaligus, Anda harus mempertimbangkan tingkat penyesuaiannya, karena setiap organisasi memiliki kebutuhan unik. Pelayanan yang digeneralisasikan menarik ketidakpuasan dan kerugian pelanggan.
Faktor lain yang perlu dievaluasi ketika memilih penyedia layanan 3PL termasuk reputasi, yang harus berada pada tingkat terbaik, dan keselamatan serta keamanan produk Anda di tangan mereka. Mitra logistik pihak ketiga pilihan Anda harus memiliki pengalaman luar biasa di sektor ini yang didukung oleh layanan pelanggan yang sangat baik.