Sebelum kita mendalami lebih dalam manfaat dan metode perkiraan penjualan, mari kita cari tahu secara singkat apa itu peramalan penjualan. Kami akan membahas hal yang sama pada topik berikut.
Apa itu Peramalan Penjualan?
Seperti namanya, perkiraan penjualan adalah proses di mana Anda dapat memprediksi atau mengantisipasi, dalam jangka waktu tertentu, berapa banyak pendapatan yang mungkin dihasilkan oleh perusahaan, tim, atau individu. Kemampuan memperkirakan pendapatan untuk bisnis Anda sangatlah penting, sebuah aspek yang akan Anda baca seiring proses penulisan.
Metode Peramalan Penjualan
Mari kita cari tahu perbedaannya metode peramalan penjualan di bawah. Metode yang Anda gunakan akan bergantung pada data yang Anda miliki. Yang terpenting, ini tergantung pada apa yang ingin Anda prediksi.
1. Peramalan Berbasis Prospek – Metode peramalan penjualan ini bergantung pada masukan yang ditawarkan tim penjualan. Setiap lead diberi nilai tergantung pada kemungkinan penutupan yang harus berhasil.
2. Peramalan Intuitif – Metodenya tergantung pada analisis yang ditawarkan oleh anggota tim penjualan. Dalam metode ini, setiap anggota ditanya seberapa yakin perasaan mereka dalam berhasil mencapai kesepakatan.
3. Peramalan Panjang Siklus Penjualan – Metode ini akan membantu Anda mengetahui kapan calon pelanggan kemungkinan besar akan menutup penjualan. Ini berfokus pada waktu yang mungkin diperlukan calon pelanggan untuk menyelesaikan siklusnya.
4. Peramalan Saluran Pipa – Ini adalah salah satunya metode perkiraan penjualan yang juga digunakan secara luas. Ini akan memungkinkan Anda menentukan peluang penjualan yang tersedia. Ini akan memungkinkan Anda menilai kemungkinan tercapainya kesepakatan yang sedang direncanakan pada waktu tertentu.
5. Peramalan Tahap Peluang- Cara ini akan membantu Anda mengetahui kemungkinan tercapainya kesepakatan berdasarkan posisi calon pelanggan saat ini dalam proses penjualan yang sedang berlangsung.
6. Metode Peramalan Penjualan Multivariabel – Dalam metode ini, banyak teknik peramalan yang dipertimbangkan dari hal-hal di atas. Dengan demikian, hasil analisisnya jauh lebih baik dan komprehensif. Beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam proses ini mencakup pangsa pasar, jalur penjualan, data penjualan historis, rekam jejak masa lalu terkait kinerja representatif, dan penjualan musiman.
Pentingnya Peramalan Penjualan
Pentingnya peramalan penjualan harus dipertahankan. Mari kita cari tahu bagaimana bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan darinya.
-
Menilai Pendapatan di Masa Depan
Salah satu manfaat utama dari metode peramalan penjualan memastikan penjualan dalam bisnis di masa depan. Anda akan dapat memahami bagaimana pendapatan Anda akan dihasilkan bulan depan, triwulanan, atau tahunan.
-
Alokasi Sumber Daya yang Efektif
Ini membantu mengalokasikan sumber daya secara efektif di seluruh area fungsional bisnis Anda.
Jika Anda memiliki gagasan tentang penutupan kesepakatan bisnis, ada baiknya Anda menetapkan tujuan bisnis dan mewujudkan visi dan misi Anda secara efektif.
-
Rencana Masa Depan Bisnis
Kejelasan adalah salah satu aspek terpenting yang Anda butuhkan dalam bisnis. Hal ini memungkinkan Anda merencanakan fungsi dan aktivitas bisnis Anda dengan baik.
Metode peramalan penjualan memiliki manfaat lebih dari yang disebutkan di atas. Metode-metode ini membantu Anda mendapatkan visibilitas dalam bisnis Anda dan memastikan posisi Anda di puncak arena bisnis.