Membangun bisnis Anda sendiri sering kali berarti memulai bisnis kecil-kecilan. Biasanya, perusahaan ini memiliki tim yang lebih kecil dan penjualan yang lebih rendah dibandingkan perusahaan menengah atau besar. Tapi hal itu seharusnya tidak membuat Anda putus asa. Terutama di masa-masa perubahan yang kita jalani. Evolusi perilaku konsumen, lanskap ekonomi, dan perkembangan teknologi menjadikannya cukup menarik.
Namun jalan menuju kesuksesan harus dipikirkan dengan matang, apa pun ukuran bisnisnya. Diketahui bahwa rencana dan strategi bisnis yang solid sangat penting untuk memastikan awal bisnis yang baik. Namun, beberapa aspek penting dalam menjalankan usaha kecil juga jarang dibicarakan. Di sini, kita melihat beberapa faktor yang sering diabaikan namun dapat berdampak besar pada bisnis.
Pengetahuan Keuangan
Meskipun setiap pelaku bisnis memahami angka-angka tersebut, sejauh mana pengetahuan keuangan yang mendalam dapat bermanfaat harus diperhatikan. Misalnya, pemilik usaha harus lebih memperhatikan modal yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha. Daripada harus bersusah payah mencari uang saat dana tidak mencukupi, mempersiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari akan sangat membantu.
Selain itu, memahami manajemen arus kas dan kewajiban perpajakan bisa sangat bermanfaat. Bahkan kesadaran akan dukungan yang tersedia untuk pengelolaan keuangan dapat membantu. Sebagai contoh, penggunaan formulir 1099 untuk membantu mengajukan formulir pajak ini dapat mengurangi beban kerja secara signifikan. Demikian pula, aplikasi pengelolaan anggaran dan perangkat lunak keuangan dapat membantu menjaga keuangan tetap dalam kondisi prima.
Timbal balik pelanggan
Aspek lain yang mudah diabaikan namun berharga adalah umpan balik pelanggan. Ini bisa menjadi sumber wawasan langsung yang bagus tentang apa yang berhasil dalam produk, proses, dan bisnis Anda secara umum. Hal ini juga dapat menyoroti apa yang perlu ditingkatkan agar bisnis dapat berjalan lebih efisien.
Pemilik bisnis bisa mendapatkan keuntungan dengan secara aktif mendorong dan memperhatikan masukan pelanggan. Hal ini membantu mengidentifikasi peluang untuk perbaikan dan pertumbuhan. Hal ini juga membantu membangun hubungan yang kuat dengan basis pelanggan, sementara mengabaikannya dapat menyebabkan ketidakpuasan dan pelepasan diri.
Kurva Belajar Konstan
Diketahui bahwa mengembangkan rencana bisnis ketika memulai suatu usaha penting untuk memetakan langkah-langkah ke depan. Namun, fakta yang sering diabaikan adalah bahwa hal ini merupakan persyaratan yang konstan. Industri dan pasar terus berkembang, sehingga dunia usaha harus terus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan yang terus berubah.
Khususnya pada tahap awal pertumbuhan bisnis, perubahan perencanaan bisnis mungkin akan lebih cepat karena kurva pembelajarannya lebih curam. Sekalipun pasar berkembang perlahan, Anda akan membuat penemuan setiap hari sebagai wirausaha. Memasukkan hal-hal ini ke dalam rencana bisnis dapat memakan waktu lama dalam menjalankan bisnis yang tumbuh lebih cepat.
Mengatasi Stres
Meskipun kebutuhan akan kesehatan mental yang baik saat ini sedang dibahas secara lebih terbuka, hal ini masih merupakan kenyataan yang tidak diungkapkan oleh banyak pengusaha. Tidak dapat disangkal bahwa menjalankan usaha kecil-kecilan bisa sukses. Di satu sisi, ada tekanan untuk sukses. Di sisi lain, ada ketakutan akan kegagalan. Selain itu, jam kerja yang panjang dan investasi besar dapat berdampak buruk.
Gambaran yang lebih realistis dapat dibuat untuk bisnis ini dengan membicarakan tekanan-tekanan yang seringkali tidak terucapkan ini. Membangun jaringan dengan pemilik usaha kecil lainnya dapat bermanfaat dalam hal ini. Seorang wirausahawan tidak hanya dapat belajar bagaimana orang lain mengelola pola pikirnya, namun solidaritas timbal balik dapat ditemukan melalui interaksi.
Kesimpulan
Menjalankan bisnis kecil-kecilan, tidak diragukan lagi, merupakan tantangan. Mengatasi beberapa aspek bisnis yang kurang dibahas dapat mempersiapkan pemilik bisnis menghadapi titik buta. Beberapa di antaranya termasuk membangun pemahaman yang kuat tentang sisi keuangan bisnis Anda dan terus mengembangkan rencana bisnis Anda. Demikian pula, mendorong dan mendengarkan masukan pelanggan akan meningkatkan bisnis Anda. Selain itu, mengatasi stres dapat menempatkan Anda pada kerangka berpikir yang benar untuk sukses.